Pages

Kamis, 26 Januari 2017

Soal Pemrograman Web Dinamis

      Yapz kali ini saya akan memberikan beberapa soal Pemrograman Web Dinamis bagi anda yang berkejuruan Rekayasa Perangkat Lunak untuk kelas XII SMK. Maaf apabila dalam peng-uploadan kali ini dalam bentuk link, dikarenakan sulit dalam pengeditan teks ketika dipindahkan ke Blog. Langsung saja berikut adalah soal-soalnya . . . .

Soal Pemrograman Web Dinamis

Rabu, 18 Januari 2017

Resep kolak lidah buaya

     Ya kali ini saya akan memposting tentang resep kolak lidah buaya. Memang tanaman lidah buaya ini sudah lama dikenal memiliki khasiat yang beraneka ragam, selain bisa digunakan untuk pengobatan tanaman ini bisa juga dimanfaatkan untuk menjadi makanan yang lezat yg salah satunya adalah Kolak lidah buaya. Bagi anda yang berminat untuk membuatnya inilah resepnya.



Resep kolak lidah buaya

Minggu, 15 Januari 2017

Kumpulan Soal Basis Data RPL Kelas XII


KD 3.1

1. Sistem yang melakukan suatu permintaan data/layanan ke server disebut dengan ?
a. Client
b. Server
c. Client-Server
d. Sistem Operasi
e. Program

2. Sistem yang menyediakan data/layanan yang diminta oleh client disebut dengan ?
a. Client
b. Server
c. Client-Server
d. Sistem Operasi
e. Program

3. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan merupakan karakteristik sistem Client Server ?
a. Service (layanan)
b. Sharing resources (sumber daya)
c. Mix-and-Match
d. Pesan berbasiskan komunikasi
e. Penyatu interface dan implementasi

4. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan merupakan perbedaan sistem Client Server ?
a. File Servers
b. Database Client
c. Transaction Servers (Transaksi Server)
d. Groupsware Servers
e. Web Application Servers (Aplikasi Web Servers)

5. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan merupakan fungsi client ?
a. Mengatur user interface
b. Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
c. Memproses aplikasi
d. Memeriksa autorisasi
e. Menyediakan kontrol recovery

6. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan merupakan fungsi client ?
a. Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
b. Memeriksa autorisasi
c. Mengatur user interface
d. Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
e. Memelihara data dictionary

7. Manakah yang merupakan kekurangan dari Standalone (one-tier) ?
a. Skala kecil
b. Kurangnya skalabilitas
c. Susah untuk merancang
d. Susah untuk mengatur
e. Mahal

8. Adalah suatu metode yang sangat mirip dengan Three Tier adalah pengertian dari ?
a. Arsitektur One Tier
b. Arsitektur Two Tier
c. Arsitektur Three Tier
d. Arsitektur Multi Tier
e. Semua jawaban salah

9. Apa kepanjangan dari ODBC ?
a. Operation database connectivity
b. Open database connection
c. Open database connectivity
d. Open data connect
e. Opsion database connectivity

10. Manakah yang merupakan komponen utama ODBC ?
a. ODBC API
b. Driver basis data ODBC
c. ODBC Driver Manager
d. Semua jawaban benar
e. Semua jawaban salah


KD 3.2

1. Manakah yang termasuk pada data retrieval pada SQL ?
a. Select statement
b. Insert statement
c. Create statement
d. Drop statement
e. Delete statement
2. Suatu fungsi untuk menampilkan semua data secara urut berdasarkan abjadnya adalah pengertian  dari ?
a. Group By
b. Order By
c. Where
d. If
e. While do

3. Order by dapat di kelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu....
a. Client dan server
b. Input dan output
c. Ascending dan descending
d. Internal dan eksternal
e. Up dan Down

4. ... digunakan untuk menentukan kolom-kolom yang akan di rubah.
a. Where
b. While do
c. Set
d. Update
e. Order By

5. Manakah proses yang tidak termasuk dalam pengubahan struktur dalam table ?
a. Menambahkan perintah If
b. Mengubah nama field
c. Mengubah tipe data field
d. Membuat primary key
e. Menghapus primary key

6. ALTER TABLE mhs ADD asalSekolah VARCHAR(20);
Sintak diatas berfungsi untuk ?
a. Menambah field baru dalam suatu table
b. Mengubah nama field
c. Mengubah tipe data field
d. Membuat primary key
e. Menghapus primary key

7. ALTER TABLE mhs DROP PRIMARY KEY;
Sintak diatas memiliki fungsi untuk ?
a. Menambah field baru dalam suatu table
b. Mengubah tipe data field
c. Membuat Primary Key
d. Menghapus Primary Key
e. Membuat Foreign Key

8. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan merupakan jenis connstraint ?
a. NOT NULL Constraint
b. DEFAULT Constraint
c. UNIQUE Constraint
d. CHECK Constraint
e. DEFAULT Constraint

9. Constraint yang digunakan untuk memastikan tidak ada data ganda dalam kolom, adalah  pengertian dari ?
a. NOT NULL Constraint
b. DEFAULT Constraint
c. UNIQUE Constraint
d. CHECK Constraint
e. DEFAULT Constraint

10. Constraint yang digunakan digunakan untuk integritas referensi dari data yaitu ?
a. NOT NULL Constraint
b. DEFAULT Constraint
c. PRIMARY KEY Constraint
d. FOREIGN KEY Constraint
e. DEFAULT Constraint


KD 3.3

1. Operasi untuk mengambil informasi dari 2 tabel atau lebih dalam 1 waktu adalah pengertian dari  ?
a. Follow
b. Join
c. Where
d. Constraint
e. DCL

2. Manakah yang bukan jenis join ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Non self join

3. Melakukan suatu join berdasarkan kriteria tertentu adalah fungsi dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

4. Menggabungkan Suatu Tabel dengan Tabel itu Sendiri adalah fungsi dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

5. ... adalah suatu kondisi join yang berisi suatu operator kesamaan (equality).
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

6. Menggabungkan table-tabel dengan klausa klausa NATURAL JOIN, USING atau ON adalah  fungsi dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

7. Bila tidak ditemukan maka baris data tersebut dibatalkan adalah aksi dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

8. Memilih baris-baris dari dua tabel yang memiliki nilai-nilai yang sama dalam semua kolom yang  sesuai adalah fungsi joint ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Non equi join
d. Self join
e. Inner join

9. Query ini mendapatkan semua baris dalam tabel B, yang ada disebelah kanan table adalah definisi  dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Self join
d. Right outer join
e. Left outer join

10. Query ini mendapatkan semua baris dalam tabel J, yang ada disebelah kiri table adalah definisi  dari ?
a. Natural join
b. Equi join
c. Self join
d. Right outer join
e. Left outer join


KD 3.4

1. Merupakan proses untuk mendapatkan nilai dari sekumpulan data yang telah dikelompokkan  adalah definisi dari ?
a. Agregasi
b. Fungsi
c. Having
d. Group By
e. Kalusa Where

2. Manakah dari jawaban dibawah ini yang bukan  merupakan jenis-jenis fungsi agregasi ?
a. MAX
b. MIN
c. ACOUNT
d. SUM
e. AVG

3. Mencari jumlah dari sekumpulan data numeris adalah fungsi dari perintah ?
a. MAX
b. MIN
c. ACOUNT
d. SUM
e. AVG

4. Manakah yang bukan merupakan jenis-jenis agregasi berdasarkan kolom ?
a. Agregasi Tanpa Kolom
b. Agregasi Satu Kolom
c. Agregasi Dua Kolom
d. Agregasi Tiga kolom
e. Agregasi Empat kolom

5. SELECT max(thnakademik), nilai FROM P GROUP BY nilai
Sintak diatas adalah sintak dari Agregasi ... kolom.
a. Tanpa
b. Satu
c. Dua
d. Tiga
e. Empat

6. SELECT max(thnakademik), nim,kodemk FROM P GROUP BY nim,kodemk
Sintak tersebut adalah sintak dari agregasi ... kolom.
a. Tanpa
b. Satu
c. Dua
d. Tiga
e. Empat

7. Merupakan perintah yang digunakan untuk mengelompokan beberapa data pada perintah SELECT. Adalah pengertian dari....
a. Agregasi
b. Fungsi
c. Having
d. Group By
e. Kalusa Where

8. SELECT * FROM nama_table GROUP BY atribut;
Sintak diatas adalah sintak dari ....
a. Agregasi
b. Fungsi
c. Having
d. Group By
e. Kalusa Where

9. SELECT atribut FROM nama_table GROUP BY atribut HAVING fungsi_aggregasi;
Sintak diatas adalah sintak dari ....
a. Agregasi
b. Fungsi
c. Having
d. Group By
e. Kalusa Where

10. ... digunakan untuk menfilter record-record bedasarkan kriteria yang ditentukan.
a. Agregasi
b. Fungsi
c. Having
d. Group By
e. Kalusa Where

Kamis, 12 Januari 2017

Tips bermain COC (Clash of Clans) Bagi Pemula

Tips Bermain Clash of  Clans Bagi Pemula, Tutorial Ini Sangat Cocok Bagi Anda yang baru Memulai Memainkan Game Populer ini, jadi Kamu tidak perlu Cemas!
      Tips bermain coc bagi pemula hingga tingkat menengah ini sangat menarik untuk anda simak sebelum bermain game ini. Apakah anda seorang gamer? Jika iya, anda tentu sudah mengenal game COC atau singkatan dari Clash of Clans. Ya, game ini memang sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta game baik itu menggunakan smartphone ataupun laptop. Namun, bagi anda yang masih asing dengan game yang satu ini, anda tidak perlu khawatir karena disini akan dijelaskan apa itu COC dan bagaimana tips bermain coc untuk pemula.

     COC atau Clash of Clans merupakan sebuah game strategi yang sangat menarik untuk anda coba dimana anda berperan sebagai pimpinan yang berusaha untuk membangun sebuah desa baik bertahan atau menyerang desa lainnya. Seperti namanya, dalam game ini akan ada banyak clan yang akan anda hadapi dalam game ini sehingga game ini akan membuat anda terasa seperti ada didalamnya. Bagi anda yang belum memilikinya dapat anda download di sini.


Untuk memainkan game ini, anda bisa langsung mendownload melalui aplikasi yang ada di android, iphone atau playstore yang ada di gadget milik anda. Namun jika anda ingin menikmatinya di laptop juga bisa anda lakukan dengan mendownload emulatornyanya terlebih dahulu. Lalu, apakah ada tips bermain COC pemula untuk memainkan game ini? Tentu, untuk memainkan game ini diperlukan proses apalagi bagi anda yang masih pemula. Peran anda sebagai pemimpin sangatlah besar, jika anda mampu untuk membangun desa anda maka anda bisa memenangi game ini.

Beberapa Hal Mendasar yang harus diperhatikan sebagai Tips Bermain COC

Tips bermain coc yang pertama yaitu dengan memanfaatkan gems atau mata uang premium didalam game ini untuk membeli builder. Gems merupakan mata uang yang digunakan dalam game ini. Anda akan mendapatkan gems jika anda sukses menyelesaikan sebuah misi ataupun dapat juga didapat dari menebang pohon. Jika anda telah memiliki gems, pergunakan gems dengan baik, anda bisa menggunakannya untuk membeli builder. Jangan gunakan gems untuk mempersingkat waktu pembuatan bangunan yang kamu miliki karena membeli builder jauh lebih penting karena semakin banyak pekerja maka anda bisa membangun bangunan lebih banyak. Di awal, anda akan memperoleh dua builder secara gratis, namun builder ketiga harus anda dapatkan dengan membayar 500 gems, dan itu cukup sulit untuk diraih.


Tips bermain coc yang kedua yaitu jangan ragu untuk menyerang desa lain. Tentu, pertahanan yang terbaik adalah menyerang. Namun perlu diingat bahwa anda harus memiliki modal yang bagus untuk menyerang. Modal utama tentu saja yaitu kekuatan pasukan anda. jika anda telah memiliki pasukan yang kuat baru anda bisa menyerang desa lain untuk mendapatkan Gold atau disisni disebut dengan Elixr.

Dengan mendapatkan Elixr Collector atau Gold Mine maka anda bisa membangun desa anda dengan cepat. Jangan lupa, anda juga harus meng-upgrade Gold Mine dan Collector untuk menampung Elixr yang anda dapatkan. Gunakan Elixr yang anda dapatkan untuk melakukan research laboratory. Research laboratory sangat penting bagi anda untuk bisa menciptakan pasukan-pasukan handal yang bisa mengalahkan musuh-musuh anda di dalam game ini.
Tips selanjutnya yaitu menyelesaikan achievement agar anda bisa menambah gems yang anda miliki. caranya yaitu dengan mencuri Gold atau Elixr, mendapatkan 50 bintang, mng-upgrade Gold Storage dan lainnya. Dan tips bermain coc yang terakhir yaitu dengan bergabung dengan clan-clan lainnya. dengan cara ini anda akan mendapatkan informasi yang lebih banyak agar anda menjadi lebih kuat. Dengan cara berbagi troop dan mendapatkan troop maka anda akan menjadi lebih kuat ketika anda diserang oleh musuh anda dalam game ini.

Bagaimana menarik bukan? Tips rahasia yang terpenting adalah tips kami yang pertama, yaitu gunakan Gems hanya untuk membeli Builder dan jangan gunakan yang lain. Tips ini berguna juga sebagai tips bermain coc th 7 atau lebih rendah dari itu. Bagi anda yang sudah di atas th 8, maka kami pastikan anda bukan pemula lagi
.

Download Clash of Clans
Google Drive | ZippyShare

Nah, tentu kurang lengkap bukan jika tidak disertai sebuah video youtube pendek tentang tips coc ini bukan. Nah silahkan simak baik-baik video kami ini yang berjudul: Clash of Clans: Tips dan Trick Bermain Untuk Pemula yang dapat anda sperti yang ada dibawah ini:


Sumber: http://www.duniatips.com/teknologi/tips-bermain-coc

Itulah sekilas Tutorial yang dapat saya posting, semoga postingan tadi bermanfaat bagi anda. Untuk postingan lainnya dapat dilihat di TujuanTerbaik.

Silahkan tinggalkan komentar anda apabila perlu. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih....

Rabu, 11 Januari 2017

Cara membuat gambar Bintang Berwarna di Microsoft Visual C++


     Setelah sebelumnya saya memposting Sintak gambar TV di Microsoft Visual C++, kali ini saya akan memposting bagaimana Cara membuat gambar Bintang Berwarna di Microsoft Visual C++. Aplikasi yang saya gunakan adalah Microsoft Visual C++ 2010 Express tapi bisa juga digunakan untuk Microsoft Visual C++ 2008. Untuk melihat bagaimana screenshoot ataupun sintaksnya silahkan lihat dibawah ini:

#include <stdlib.h>
#include <stdio.h>
#include <GL/glut.h>


typedef struct point2D_t
{
float x;
float y;
};

typedef struct color_t
{
float r;
float g;
float b;
};

void setColor(color_t col)
{
glColor3f(col.r, col.g, col.b);
}

void Bintang1(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3, int x4, int y4,int x5, int y5,int x6, int y6,int x7, int y7, int x8, int y8){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
 glVertex2i(x4,y4);
 glVertex2i(x5,y5);
 glVertex2i(x6,y6);
 glVertex2i(x7,y7);
 glVertex2i(x8,y8);
glEnd();
}

void Kaki1(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}

void Bintang2(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3, int x4, int y4,int x5, int y5,int x6, int y6,int x7, int y7, int x8, int y8){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0.8,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
 glVertex2i(x4,y4);
 glVertex2i(x5,y5);
 glVertex2i(x6,y6);
 glVertex2i(x7,y7);
 glVertex2i(x8,y8);
glEnd();
}
void Kaki2(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0.8,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}

void Bintang3(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3, int x4, int y4,int x5, int y5,int x6, int y6,int x7, int y7, int x8, int y8){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,1,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
 glVertex2i(x4,y4);
 glVertex2i(x5,y5);
 glVertex2i(x6,y6);
 glVertex2i(x7,y7);
 glVertex2i(x8,y8);
glEnd();
}
void Kaki3(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,1,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}

/*void Bintang4(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3, int x4, int y4,int x5, int y5,int x6, int y6,int x7, int y7, int x8, int y8){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
 glVertex2i(x4,y4);
 glVertex2i(x5,y5);
 glVertex2i(x6,y6);
 glVertex2i(x7,y7);
 glVertex2i(x8,y8);
glEnd();
}
void Kaki4(int x1, int y1,int x2, int y2,int x3, int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,1);
 glVertex2i(x1,y1);
 glVertex2i(x2,y2);
 glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}*/

void fillPolygon(point2D_t p[],color_t col, int n)
{
int i;
glBegin(GL_POLYGON);
setColor(col);
for (i=0;i<n;i++) glVertex2f(p[i].x, p[i].y);
glEnd();
}

void gradatePolygon(point2D_t p[],color_t col[], int n){
int i;
glBegin(GL_POLYGON);
for (i=0;i<n;i++){
setColor(col[i]);
glVertex2f(p[i].x, p[i].y);
}
glEnd();
}

void userdraw(void) {
 // Disini tempat untuk menggambar
 color_t gradasi1[4]={{0,0,0},{0,0,0},{1,1,1},{1,1,1}};
 color_t gradasi2[4]={{1,1,1},{1,1,1},{0,0,0},{0,0,0}};
 color_t gradasi3[4]={{0,1,1},{0,0,0},{0,1,1},{1,0,0}};
 point2D_t background1[4]={{0,240},{640,240},{640,480},{0,480}};
 gradatePolygon(background1, gradasi1, 4);
 point2D_t background2[4]={{0,0},{640,0},{640,240},{0,240}};
 gradatePolygon(background2, gradasi2, 4);

 Bintang1(300,70,460,0,410,150,580,250,370,250,300,380,230,250,30,250);
 Bintang2(300,85,440,20,395,155,540,240,360,240,300,360,240,240,65,240);
 Bintang3(300,100,420,40,380,160,500,230,350,230,300,340,250,230,100,230);
 //Bintang4(300,115,400,60,365,165,460,220,340,220,300,320,260,220,135,220);

 Kaki1(140,0,300,70,200,150);
 Kaki2(160,20,300,85,215,155);
 Kaki3(180,40,300,100,230,160);
 //Kaki4(200,60,300,115,245,165);

point2D_t segitiga4[4]={{235,155},{200,60},{300,115},{300,190}};
gradatePolygon(segitiga4,gradasi3,4);

point2D_t segitiga5[4]={{300,115},{400,60},{365,160},{300,190}};
gradatePolygon(segitiga5,gradasi3,4);

point2D_t segitiga6[4]={{365,160},{460,220},{340,220},{300,190}};
gradatePolygon(segitiga6,gradasi3,4);

point2D_t segitiga7[4]={{340,220},{300,320},{260,220},{300,190}};
gradatePolygon(segitiga7,gradasi3,4);

point2D_t segitiga8[4]={{260,220},{135,220},{235,155},{300,190}};
gradatePolygon(segitiga8,gradasi3,4);

glEnd();
}
void display(void) {
glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw();
glutSwapBuffers();
}
int main(int argc,char **argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(100,100); //posisi windownya di(100,100)
glutInitWindowSize(640,480); //set ukuran window jadi 640x480
glutCreateWindow("Create By : Rochmad Dwi U"); //set judul app
glClearColor(0,0,0,0); //set warna backgroun(r,g,b,a)(range 0-1)
gluOrtho2D(0.,640.,0.,480.); //set area menggambar
glutIdleFunc(display);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}


Itulah sekilas sintak tentang Cara membuat gambar Bintang Berwarna di Microsoft Visual C++, semoga postingan tadi bermanfaat bagi anda. Untuk postingan lainnya dapat dilihat di TujuanTerbaik.

Silahkan tinggalkan komentar anda apabila perlu. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih....

Minggu, 08 Januari 2017

Materi Uraian 1 sd 8 "Membaca Non Sastra"

Membaca Non Sastra


         Setelah sebelumnya saya memposting tentang Uraian Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMK Tahun Pelajaran 2015/2016. Pasti banyak dari kalian yang bingung dimana akan mencari materi-materi yang terdapat didalam postingan saya yang sebelumnya tersebut. Nah untuk memudahkan anda dalam mencari materi-materi dari Uraian Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMK Tahun Pelajaran 2015/2016, maka kali ini saya memposting materi dari postingan saya tersebut. Tidak perlu panjang lebar lagi langsung saja ini dia materi-materinya.

1.   Memaknai istilah

            Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.
Berdasarkan sifatnya, istilah ada dua macam yaitu istilah umum dan istilah khusus.
     Istilah khusus  adalah  istilah  yang  pemakaiannya  atau  maknanya  terbatas  pada  suatu bidang tertentu, sedangkan istilah umum adalah istilah  yang menjadi  unsur  bahasa  yang digunakan secara umum.
Contoh istilah khusus
:
a.    Diagnosis = identifikasi sifat-sifat penyakit atau kondisi atau membedakan satu penyakit atau kondisi dari yang lainnya. (istilah bidang kedokteran)
b.    investasi = mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial (istilah bidang ekonomi)
c.    hama = gangguan pada tanaman (istilah bidang pertanian)
Contoh istilah umum :
Pakar, canggih, radio, mantan, daya, dsb.

2.    Menemukan ide pokok

           lde pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok/inti pengembangan paragraf. Dalam sebuah ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Dengan kata lain kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf.

     Dalam setiap paragraf terdapat satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.
Ciri-ciri kalimat utama :
1.    Merupakan pernyataan umum atau kesimpulan/simpulan.

2.    Letaknya bisa di awal paragraf (paragraf deduktif), di akhir paragraf (induktif), atau di awal dan di akhir paragraf (deduktif induktif atau paragraf campuran).
3.    Kalimatnya dikembangkan oleh kalimat-kalimat yang lain, berupa uraian, rincian, atau  penjelasan.
Untuk menemukan ide pokok dapat dilihat di awal ataupun akhir paragraf, kecuali jika paragraf tersebut berupa paragraf naratif atau deskriptif, ide pokok menyebar pada kata-kata kunci tiap paragraf tersebut.

3.   Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, dan sebab akibat)

           Paragraf mengandung maksud yang tersurat dan tersirat. Maksud tersurat dinyatakan secara langsung melalui kalimat-kalimatnya, sedangkan maksud tersirat tersembunyi di balik kalimat-kalimatnya itu. Maksud tersirat dapat diperoleh setelah memahami maksud yang tersurat.

      Perhatikan paragraf berikut:

      Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.


Makna yang tersurat pada teks tersebut adalah Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi (kalimat 1)

Makna yang tersirat dalam teks tersebut adalah Jeruk nipis diminati oleh para petani karema memiliki nilai ekonomi tinggi.

4.   Menemukan inti kalimat

       Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola
    bahasa final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, turun, cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik, turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan dalam berhuruf latin, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik(.)
      Inti kalimat terdapat pada subjek (S) dan predikat (P).
      Perhatikan kalimat majemuk berikut =
      Saat penerimaan rapot, Ibnu terlihat sedih sebab harapannya memperoleh peringkat pertama di kelas tidak bisa tercapai karena pada semester ini, dia memang kurang tekun belajar.
     Perhatikan pola kalimat tersebut :
1.     Saat penerimaan rapot = keterangan
2.     Ibnu = subjek
3.     terlihat sedih = predikat
4.     sebab harapannya memperoleh peringkat pertama di kelas tidak bisa tercapai =  keterangan
5.     karena pada semester ini dia memang kurang tekun belajar = keterangan
           Inti kalimat tersebut adalah Ibnu terlihat sedih
                                                              S            P

5.   Mengomentari pendapat yang terdapat pada teks

      Komentar adalah ulasan atau atas berita pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan). Komentar ada yang positif ada pula yang negatif. Komentar positif akan berdampak perbaikan, sedangkan komentar negatif akan menimbulkan pertentangan, permusuhan, atau kebencian. Untuk itu perlu diperhatikan etika berkomentar yang baik :
1.      Harus menggunakan bahasa yang sopan, tidak menghina, ataupun merendahkan
2.      Tidak menyimpang dari topic
3.      Ada argumen yang kuat disertai fakta dan bukti yang benar
4.      Harus ada solusi atau pemecahan masalah

6.    Menunjukkan bukti dari simpulan

           Kalimat simpulan adalah penyataan yang dibuat dengan bahasa sendiri dan berisi isi pokok paragraf. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan uraian sebelumnya) atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir.

     Simpulan berbeda dengan ringkasan. Jika pada ringkasan penulis tetap mempertahankan isi, sudut pandang, serta sistematika karya aslinya, sedangkan dalam simpulan terdapat penilaian atau pendapat pembuat simpulan. Oleh sebab itu, simpulan dapat dinyatakan benar, kurang benar, atau salah. Untuk dapat menarik simpulan yang benar, kita harus menggunakan datu fakta atau asumsi yang benar. Jika data, fakta, atau asumsinya tidak akurat, hasil simpulannya juga tidak akan akurat.
      Dalam mengambil simpulan, digunakan pola penalaran deduktif dan induktif. Pola penalaran deduktif adalah dengan mengemukakan pernyataan yang umum lalu diikuti dengan pernyataan-pernyataan khusus. Pola penalaran induktif bermula dari pengungkapan hal-hal yang khusus, kemudian ditarik suatu simpulan yang bersifat umum.
      Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut :
1.      Menggunakan bahasa sendiri
2.      Kalimat simpulan harus sesuai dengan ide pokok dalam paragraf tersebut.
3.      Memuat kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat penjelas.

Perhatikan paragraf berikut!

     Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya. Hal terlihal sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa. Jika setiap orang sadar akan hal tersebut, lingkungan akan senantiasa bersih dan bebas dari musibah banjir.

Penjelasan
     Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya terletak di awal paragraph. Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut :
a.    lde pokok : Bukti cinta pada lingkungan

b. Kalimat utama : Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal hal sederhana.
c.   Kalimat simpulan : Cinta pada lingkungan dapat dibuktikan dengan hal yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.

Perhatikan paragraf berikut!
     Bayu selalu tiba di sekolah sehelum jam pelajaran dimulai. Di sekolah, ia akan menyiapkan buku-buku yang diperlukan untuk pelajaran di hari itu. Jika ada pekeraan rumah, Bayu akan menyelesaikannya di rumah. Di sekolah, ia akan mempelajari materi-materi yang telah dipelajari. Setiap ujian, dia tidak pernah khawatir mendapat nilai yang rendah karena selalu siap kapan pun. Oleh karena itu, Bayu sangat pantas djadikan siswa teladan di sekolah.
Penjelasan
Paragraf tersebut merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir
paragraf Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.
a.     Ide pokok : Bayu pantas dijadikan siswa teladan.
b.   Kalimat utama : Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di  sekolah.
c.   Kalimat simpulan : Bayu pantas dijadikan siswa teladan di sekolah karena selalu  tepat waktu dan rajin belajar.

7.  Menunjukkan hubungan antarbagian teks

        Sebuah paragraf dapat dikatakan baik apabila memenuhi unsur-unsur kohesi (kesatuan), dan koherensi (kepaduan). Yang dimaksud kohesi adalah jika informasi-informasi dalam paragraf itu tetap dikendalikan oleh gagasan utama. Dalam paragraf mungkin terdapat beberapa gagasan tambahan, tetapi, gagasan-gagasan itu tentap dikendalikan oleh gagasan utama. Yang dimaksud dengan koheren adalah jika kalimat-kalimat yang menyusun paragraf itu terjalin secara logis dan gramatikal, dan berkaitan satu sama lain untuk mendukung gagasan utama.
Ada empat hal yang menjadikan kalimat satu dengan yang lain berkoheren, yaitu :
            1.      Pengulangan kata
            2.      Kata penunjuk
            3.      Kata ganti (pronomina)
            4.      Kata penghubung (konjungsi)
Perhatikan paragraf berikut!
         (1) Setelah mendapat izin dari pemerintah daerah, warga mulai membangun fasilitas umum di tanah itu. (2) Konon, untuk membangun fasilitas umum berupa gedung olah raga itu warga harus mengeluarkan tidak kurang dari 500 juta rupiah yang digali dari dana swadaya murni. (3) Awalnya merekatidak ada yang mempersoalkan hal itu, tetapi setelah daerah itu berkembang menjadi pemukiman yang maju amat pesat, banyak pihak menjadi yang mulai mengungkit status tanah dan bangunan itu (4) Bahkan, dengan dalih bahwa karena sudah tidak sesuai dengan kemajuan dan keadaan sekitarnya, pemerintah daerah akan memugar dan mengambil alih pengelolaannya.


Perhatikan kalimat (1) dan kalimat (2) korehen dengan menggunakan pengulangan kata warga dan membangun fasilitas umum. Hubungan antara kalimat ke (2) dan ke (3) menggunakan kata ganti mereka dan kata penunjuk itu. Hubungan antara kalimat ke (3) dan ke (4) menggunakan kata penghubung bahkan.

8.   Merangkum/Meringkas teks
      Rangkuman adalah hasil dari kegiatan merangkum atau suatu hasil dari keguatan meningkas suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.
Langkah-langkah Membuat Rangkuman
a.   Perangkum harus membaca uraan asli pengarang sampai tuntas apa memperoleh atau kesan umum dan sudut pandang pengarang. Pembacaan hendaklah dilakukan secara saksama dan diulang sampai dua atau tiga kali untuk dapat memahami isi bacaan secara utuh.
b.    Perangkum membaca kembali bacaan yang akan dirangkum dengan membuat catatan pikiran utama atau menandai pikiran utama setiap uraian untuk setiap bagian atau setiap paragraf.
c. Dengan berpedoman hasil catatan, perangkum mulai membuat rangkuman dan menyusun kalimat-kalimat yang bertolak dan hasil catatan dengan menggunakan bahasa perangkum sendiri. Hanya saja, apabila perangkum merasa yang kurang enak, perangkum dapat membuka kembali bacaan yang akan dirangkum.
d.  Perangkum perlu membaca kembali hasil rangkuman dan mengadakan perbaikan apabila dirasa ada kalimat yang kurang koheren.
e.  Perangkum perlu menulis kembali hasil umannya berdasarkan hasil perbaikan dan memastikan bahwa rangkuman yang dihasilkan lebih pendek dibanding dengan bacaan yang dirangkum.

Ringkasan merupakan sekumpulan berbagai informasi untuk mempermudah pemahaman. Ringkasan memiliki banyak pengertian, diantaranya ringkasan (Precis yang berarti memotong atau memangkas adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat.
Langkah-langkah Menulis Ringkasan
a.  Bacalah bahan pelajaran secara ringkas. Dalam hal ini kita perlu memperoleh  gambaran isi  materi sccara garis besar.

b.  Membaca uraian materi secara cemat. Dalam hal ini dituntut untuk mengetahui  dan menemukan gagasan utama pada setiap paragraph.
c.   Berilah tanda dan catatlah kalimat yang mengandung pokok pikiran dan gagasan    utama.
d.  Mulailah meriyusun ringkasan. Catatan gagasan utama dikembangkan lagi.    Keterangan dari  gagasan utama tersebut diuraikan dengan kalimat sederhana dan  mudah dipahami.
e.      Menyusun ringkasan ke dalam suatu skema.

Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVbeusQrWry9zuhoN8Wbzx-7EW_JTgbwVNxmljHK5qsXcQspZlbDtN6KMda4oZyOkezPksKFk7vcDob_cVcWNQI2wEEbdD06j3YkOiN60ONM3lI3cvp29UYK5eGAQ1ULFrl_C09wL6XYJh/s1600/unas.jpg


               Demikian materi yang dapat saya posting untuk lanjutan materi dapat dilihat di Materi Uraian 9 sd 19 "Membaca Sastra"Materi Uraian 20 sd 32 "Menulis Terbatas"Materi Uraian 33 sd 41 "Menyunting Kata/Istilah, Frasa, Kalimat, dan Paragraf" dan Materi Uraian 42 sd 50 "Menyunting Ejaan dan Tanda Baca"Semoga apa yang saya posting disini tadi ini dapat bermanfaat bagi anda. Semoga sukses dalam menghadapi ujian....

Silahkan tinggalkan komentar bila ada kritk atau saran untuk postingan ini. Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih....